Jumat, 12 Maret 2010

INOVASI PENDIDIKAN (GUEST WORD)

Perkembangan pendidikan secara nasional dewasa ini, sebagai harapan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai strategi inovasi pendidikan, tetapi kenyataanya sampai saat ini masih belum berhasil sesuai dengan harapan. Bahkan hampir dikatakan bukan kemajuan yang diperoleh, tapi sebuah kemunduran yang tak pernah terjadi selama bangsa ini berdiri.
Secara umum Dunia Pendidikan memang belum pernah benar-benar menjadi wacana yang dibicarakan secara luas oleh berbagai kalangan, baik yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung tentang inovasi pendidikan. Namun demikian, bukan berarti bahwa permasalahan pendidikan dewasa ini tidak pernah menjadi perhatian pemerintah.
Upaya-upaya peningkatan kualitas serta kuantitas yang membawa nama pendidikan telah dilakukan oleh pihak pemerintah, walau sampai saat ini kita belum melihat hasil dari usaha tersebut. Usaha yang dilakukan oleh pemerintah biasanya hanya bersifat konstitusional demi mendapatkan lulusan dari sekolah yang kompetitif dan siap bersaing secara global, misalnya dengan menetapkan angka batas minimal kelulusan Ujian Nasional.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, maka diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal baik di dalam belajar mandiri maupun didalam pempelajaran di kelas. Inovasi model-model pembelajaran sangat diperlukan dan sangat mendesak terutama dalam menghasilkan model pembelajaran baru yang dapat memberikan hasil belajar lebih baik, peningkatan efisiensi dan efektivitas pembelajaran menuju pembaharuan. Agar pembelajaran lebih optimal maka media pembelajaran harus efektif dan selektif sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dalam hal peningkatan mutu pendidikan, guru juga ikut memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas siswa dalam belajar matematika dan guru harus benar-benar memperhatikan, memikirkan dan sekaligus merencakan proses belajar mengajar yang menarik bagi siswa, agar siswa berminat dan semangat belajar dan mau terlibat dalam proses belajar mengajar, sehingga pengajaran tersebut menjadi efektif. Untuk dapat mengajar dengan efektif seorang guru harus banyak menggunakan metode, sementara metode dan sumber itu terdiri atas media dan sumber pengajaran. Di samping itu, seorang pendidik dalam mengajar pada proses belajar mengajar hendaknya menguasai bahan ajaran dan memahami teori-teori belajar yang telah dikemukakan oleh para ahli, sehingga belajar matematika itu bermakna bagi sisiwa sebab menguasai matematika yang akan diajarkan merupakan syarat esensial bagi guru matematika karena penguasaan materi belum cukup untuk membawa peserta didik berpartisipasi secara intelektual.
Dalam hal ini banyak aspek yang bisa digunakan untuk berimprovisasi.salah satunya adalah dengan berimprovisasi pada aspek evaluasi. Pada aspek evaluasi, siswa dapat diajak untuk bermain sehingga konsep-knsep yang telah didapat pada saat pembelajaran dapat tertanam dengan baik.
Metode yang saya pilih adalah metode word guess atau tebak kata. Dimana siswa akan diajak bermain dengan kata-kata. Di sini siswa akan dituntut untuk mengingat kembali pelajaran apa yang telah didapatkan pada hari ini.
Adapun langkah-langkah dari pengajaran ini adalah:
a. Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
b. Guru menjelaskan garis besar materi yang akan dipeljari
c. Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai materi
d. Guru meminta siswa untuk berbaris menjadi 2 banjar, dimana siswa yang duduk di sebelah kiri berbaris di banjar sebelah kiri dan siswa yang duduk di sebelah kanan berbaris di banjar sebelah kanan.
e. Siswa yang paling depan diminta untuk menghadap siswa di belakangnya kemudian siswa tersebut membacakan soal untuk siswa di depannya. Sedangkan siswa di depannya telah membawa kartu jawaban tetapi dalam keadaan terlipat.
f. Begitu seterusnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
pinky bio Design by: DAUS @ DAUS ENTERTAINMENT